Wisata Kuliner Cirebon Yang Wajib Kalian Kunjungi

Wisata Kuliner Cirebon Yang Wajib Kalian Kunjungi

Cirebon merupakan salah satu kota yang memiliki daya tarik tersendiri. Sebab ada peninggalan budaya dan sejarah yang menjadikan icon dari kota tersebut. Sangat cocok berkunjung bersama keluarga karena dapat dijadikan sebagai wisata budaya. Untuk anak menjadikan tahu akan historis kebudayaan nusantara.

Selepas jalan-jalan menyusuri peninggalan budaya dan sejarah kota Cirebon. Paling pas mencicipi kuliner khasnya. Tentu melalui kuliner inilah yang akan menjadi pelepas lelah saat berjalan-jalan. Kuliner yang tidak saja membuat perut menjadi terisi tetapi, menjadikan berkesan untuk soal citarasanya. Ingin tahu kuliner apa saja yang ada di Cirebon. Yuh simak artikel dibawah ini secara teliti.

1. Empal Gentong

Empal

Kuliner pertama Cirebon ini begitu spesial. Olahan berbahan jerohan sapi ini akan menggugah selera makan Kamu.  Dalam proses memasaknya jerohan daging sapi direbus dahulu untuk lebih membuatnya empuk ketika digigit. Rempah-rempah yang telah disiapkan dimasukkan ke dalam gentong beserta dengan jerohan sapi. Rebus jarohan dengan api yang pas sehingga menghasilkan kematangan yang sempurna. Empal Gentong ini sangat cocok dinikmati ketika dalam keadaan hangat. Terlebih ditemani dengan segelas teh semakin mantab. Resep masakan ini sama dengan wisata kuliner lembang kekinian yang harus kalian coba.

2. Nasi Lengko

nasi lengko

Kuliner nasi ini bukan nasi sembarangan. Karena nasi ini dihidangkan dalam keadaan hangat dengan tambahan tempe, tahu, mentimun, cabe, dan tauge rebus. Lebih istimewa dan pasti Kamu suka siraman saus kacang tauge. Suas kacang ini spesial dan khas dari Cirebon. Masakan ini ada bahan pelengkapnya yaitu berupa irisan daun kucai, kecap, dan taburan bawang goreng. Saat masih hangat kuliner ini membuat Kamu ingin nambah terus. Cobe deh untuk mencicipinya sebelum nanti menyesal. Resep rahasia kuliner ini memiliki kesamaan dengan wisata kuliner serang yang begitu terkenal.

3. Docang

docang

Docang ini merupakan kuliner khas Cirebon yang berkuah. Sangat cocok untuk yang menyukai masakan berkuah. Docang ini sebenarnya berbahan dasar lontong dan sambal docang yang begitu khas. Campuran dari masakan ini lalu disiram dengan kuah panas. Kuah dengan rasa rempah-rempah khas dan tentu menjadikan masakan jauh bernilai rasa tinggi.

4. Empal Asem

Masakan yang satu ini wajib dicoba ketika berkunjung ke Cirebon. Karena makanan yang berkuah ini berbahan dasar kaldu dan belimbing wuluh. Belimbing inilah yang akan memberikan rasa asam alami. Masyarakat mempercayai masakan ini rendah kolesterol. Sehingga, tidak mengherankan banyak yang menyukainya. Dalam kondisi yang masih hangat masakan ini mantab untuk disantab. Terlebih disanding bersama keluarga akan menambah hari-hari semakin bernilai.

5. Nasi Jamblang

nasi jamblang

Masakan nasi yang berasal dari Cirebon memang beragam, salah satunya adalah nasi Jamblang. Jenis masakan ini tidak kalah tenar dengan masakan lainnya. Nasi ini terbilang tradisional karena masih dibungkus dengan daun jati. Daun jati ini yang menjadikan aroma nasi semakin harum. Tidak saja itu, menggunakan daun jati lebih dianggap alami dan ramah lingkungan. Untuk soal rasa nasi ini pasti mantab, belum tambahan berbagai macam lauk. Lauk yang sederhana hingga lauk yang beraroma masakan ala restoran juga ada. Sangat cocok kuliner ini disantab ketika pagi hari, terlebih nasi masih dalam keadaan hangat. Nikmatnya tidak ketulungan. Masakan ini tidak kalah dengan wisata kuliner bangkok yang harus kalian tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here