Sibuk Kuliah, Begini Cara Seimbangkan Hidup agar Tetap Sehat Fisik & Mental

Sibuk Kuliah, Begini Cara Seimbangkan Hidup agar Tetap Sehat Fisik & Mental
Foto: Ilustrasi Shutterstock

Kehidupan di perguruan tinggi dan sekolah tentulah jauh berbeda. Jangan kaget, karena belajar di kampus kamu akan sangat sibuk dan selalu merasa terburu-buru. Ini bukan menakut-nakuti, tetapi begitulah faktanya.

Nah, kesibukan di kampus kadangkala merenggut waktu senggangmu. Kendati demikian, kamu masih bisa kok untuk mengatur waktu agar mampu menyeimbangkan antara waktu belajar dan bersenang-senang.

Sebab, terlalu memforsir diri untuk belajar terus menerus, tidak baik juga. Selain menambah beban pikiran, kamu bisa saja stres. Oleh sebab itu, berikut ini cara agar kamu mampu menyeimbangkan hidup di tengah jadwal kuliah yang padat.

Berikut uraiannya seperti dilansir dari laman College Express, Minggu (10/9/2017).

Realistis

Jadilah realistis untuk dirimu sendiri. Kamu harus mengetahui batasan diri, di mana kamu sanggup dan tidak sanggup. Caranya, dimulai dari perencanaan diri dan penjadwalan yang rapi. Jangan hanya menyusun jadwal belajar saja, cobalah cari waktu luang untuk bersenang-senang dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman-teman, atau orang terdekat.

Cari cara belajar yang efektif

Belajar sangat keras namun tidak efektif sangat percuma bila itu hanya berakhir dengan kelelahan dan tak ada sedikit pelajaran pun yang masuk ke kepala. Belajar dengan keras boleh, tetapi juga harus belajar cerdas. Caranya, jadwalkanlah waktumu dengan bijak lalu mencari cara belajar yang efektif dan menyenangkan.

Belajar atur waktu

Ingatlah bahwa kita semua memiliki waktu selama 24 jam dan porsi waktu itu tak semua harus tercurahkan untuk belajar. Belajarlah untuk memprioritaskan dan mengalokasikan waktumu untuk olahraga, bersosialisasi, istirahat, dan belajar.

Makan dan olahraga teratur

Terlalu keras belajar kadangkala membuat kamu lupa akan tubuhmu sendiri. Akibatnya, kamu mengabaikan pola makan dan olahraga yang teratur. Hal ini tentu berpengaruh pada kesehatan fisik dan mentalmu. Oleh sebab itu, pentingnya bagi kamu untuk makan makanan sehat secara teratur dan berolahraga. Biarpun sibuk, kesehatan prima adalah kunci sukses di perkuliahan!

Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here